Kehidupan Ini adalah Sementara
Dari Abdullah bin Mas’ud z, beliau
menceritakan bahwa Rasulullah ` tidur di atas tikarnya. Tikar itu pun
membekas di lambung beliau yang mulia.Parashahabat mengatakan, “Wahai
Rasulullah, bagaimana jika kami buatkan kasur untukmu?” Beliau ` pun
menjawab:
مَا لِى وَمَا لِلدُّنْيَا مَا أَنَا فِى الدُّنْيَا إِلاَّ كَرَاكِبٍ اسْتَظَلَّ تَحْتَ شَجَرَةٍ ثُمَّ رَاحَ وَتَرَكَهَا
“Apa urusanku dengan
dunia?! Tidaklah aku di dunia ini kecuali hanyalah seperti musafir yang
bernaung di bawah pohon lalu pergi meninggalkannya.” [H.R. At-Tirmidzi].
Hadits yang mulia di atas adalah hadits yang shahih, dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani t di dalam Shahih Sunan At-Tirmidzi. Hadits yang serupa juga diriwayatkan oleh Imam Muslim di dalam kitab Shahih beliau, namun dari shahabat yang berbeda, Umar bin Al-Khaththab z. Umar bin Al-Khaththab z menyampaikan kisahnya, “Aku masuk menemui Rasulullah `
dalam keadaan beliau berada di atas tikar. Aku pun duduk dan beliau
menurunkan pakaian atas beliau, beliau tidak memiliki yang selainnya.
Ternyata, tikar tersebut telah membuat bekas pada lambung beliau. Aku
melihat dengan mata kepalaku ke dalam lemari Rasulullah `,
ternyata di dalamnya hanya ada sedikit tepung hampir satu sha’ dan ada
sejenis daun untuk menyamak kulit dengan jumlah yang hampir sama di
pojok kamar, juga ada kulit baru disamak yang tergantung. Aku pun
menangis. Rasulullah ` bertanya, ‘Wahai Ibnul
Khaththab, mengapa engkau menangis?’ Aku katakan, ‘Wahai Nabi Allah,
bagaimana aku tidak menangis, padahal tikar ini telah membekas di
lambungmu. Dan dalam lemari ini, aku tidak melihat kecuali yang aku
lihat. Padahal, di sana Kaisar (penguasa Romawi) dan Kisra (penguasa
Persia) berada di tengah-tengah buah-buahan dan sungai (yakni
kemewahan). Dan engkau adalah utusan dan pilihan Allah l, begini isi lemari engkau?’ Rasulullah ` pun bersabda, ‘Wahai Ibnul Khaththab, tidakkah engkau ridha akhirat bagi kita sedang bagi mereka hanya dunia?’” [H.R. Muslim].
Dari hadits yang mulia ini tercerminlah sebuah pribadi yang mulia, pribadi yang telah dipuji dari atas langit yang ketujuh, “Dan sungguh engkau berada di atas akhlak yang agung.” [Q.S. Al-Qalam:4].
Inilah salah satu akhlak beliau: zuhud terhadap silaunya gemerlap
dunia. Hal ini bukan berarti kita tidak boleh mencari rezeki sama
sekali. Namun, beliau mencari rezeki yang halal dan tidak menjadikannya
sebagai satu-satunya tujuan. Bahkan, justru harta beliau diarahkan untuk
dakwah dan berderma.
Dengan hadits ini tercermin pula bahwa
kemuliaan seseorang tidaklah diukur dari banyaknya materi yang dimiliki.
Namun, kemuliaan diukur dari apa yang ada di dalam hati yakni
ketakwaan. Tidakkah kita mendengar firman Allah l yang artinya, “Sesungguhnya yang paling mulia di antara kalian adalah yang paling takwa.” [Q.S. Al-Hujurat:13].
Inilah timbangan kemuliaan yang sejati, bukan harta benda.
n, seperti: membayar zakat, menunaikan kewajiban nafkah, membantu orang yang kesulitan, dan segala bentuk ibadah harta. Jika tidak dikaruniai, dia pun masih bisa menggapai kemuliaan itu dengan cara yang lain, dengan tenaga, pikiran, dan segala hal yang dia mampu.
n, seperti: membayar zakat, menunaikan kewajiban nafkah, membantu orang yang kesulitan, dan segala bentuk ibadah harta. Jika tidak dikaruniai, dia pun masih bisa menggapai kemuliaan itu dengan cara yang lain, dengan tenaga, pikiran, dan segala hal yang dia mampu.
Hadits ini juga mengingatkan kita
bahwasanya dunia ini hanyalah sesuatu yang sementara. Kita di dunia ini
tak lebih dari singgah saja. Tak heran, Rasulullah ` pernah mewasiatkan
dalam sebuah hadits yang artinya, “Jadilah engkau di dunia ini layaknya seorang asing atau penyeberang jalan.” [H.R. Al-Bukhari dari Ibnu Umar c].
Maka dari itu, hendaknya kita berbekal
untuk kehidupan kekal kita, bukan menyia-nyiakan waktu kita di dunia
ini. Hendaknya, apa yang kita miliki di dunia ini kita jadikan sebagai
sarana untuk mencari kehidupan yang kekal di akhirat kelak. Allah l
berfirman yang artinya, “Dan carilah dari apa yang Allah berikan kepadamu negeri akhirat…” [Q.S. Al-Qashash:77].
Ibnu Umar c juga pernah berwasiat, “Jika engkau berada pada sore hari,
jangan tunggu paginya, jika engkau pada pagi hari, jangan tunggu
sorenya. Ambillah dari masa sehatmu untuk masa sakitmu dan masa hidupmu
sebelum kematianmu.” Allahu a’lam bish shawab. (Abdurrahman).
http://tashfiyah.net/kehidupan-ini-adalah-sementara/
Sign up here with your email
ConversionConversion EmoticonEmoticon